Portal Berita Pencerah Bangsa

50 Pengusaha Katering Industri Ikuti Pelatihan ISO 22000 dan HACCP

KOTA TANGERANG, Sepuluhnews.com – Sebanyak 50 pengusaha katering untuk industri mengikuti pelatihan ISO 22000 dan HACCP yang diadakan Wadah Wirausaha Katering Indonesia (WWKI) Provinsi Banten dan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Kota Tangerang.

Kegiatan yang diadakan di lantai 2 Gedung MUI Kota Tangerang, Rabu 12 Oktober 2022, itu diikuti antusias seluruh peserta. Itu karena mereka ingin mendapat ilmu baru soal keamanan pangan dan pertama kalinya mengikuti kegiatan tersebut.

50 Pengusaha Katering Industri Ikuti Pelatihan ISO 22000 dan HACCP
Pengurus WWKI Banten, nara sumber, dan pengurus APJI Kota Tangerang berfoto bersama disela-sela pelatihan ISO 22000 dan HACCP.(iws)

Pengisi materi dalam pelatihan itu Andrian Kurniadi dan Isap Saprudin dari Smart Manajemen Sertifikasi Indonesia (SMSI). Peserta mengikuti pelatihan yang dilaksanakan dalam waktu sehari itu selanjutnya mendapatkan sertifikat ISO 22000 dan HACCP.

Ads post single

Ketua WWKI Provinsi Banten Hj Rasmawati mengatakan diadakan pelatihan ini agar para peserta lebih mengetahui keilmuan di bidang katering, keamanan pangannya dan memiliki legalitas usahanya. “Sehingga konsumen tambah percaya kepada kita,” katanya saat pembukaan acara.

Rasmawati menegaskan, usaha katering industri tidak sekedar dijalankan. Tetapi harus memahami ilmunya. Apalagi mengenai soal pangan ini yang berhubungan dengan orang banyak. Sehingga harus aman dan berkualitas.

Lewat pelatihan ini, dirinya mengharapkan seluruh peserta agar menyimak serius dalam mengikuti kegiatannya. Sehingga materi yang disampaikan para nara sumber bisa dipahami dan diimplementasikan di perusahaan masing-masing.

Rasmawati mengucapkan terima kasih kepada para nara sumber dari SMSI yang telah memberikan pelatihan ini. Kemudian seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan.”Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Kota Tangerang yang telah mendukung kegiatan ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua APJI Kota Tangerang Erin Nurmawanti menyambut senang antusiasnya para peserta dalam mengikuti pelatihan ISO 22000 dan HACCP. Peserta yang ikut dari katering industri dan juga ada jasa boga. Pelatihan ini sangat penting karena para peserta mendapatkan ilmu baru untuk kemajuan usahanya.

Erin mengungkapkan bahwa usai pandemi Covid-19 setiap usaha butuh perkembangan. Sehingga usaha-usaha tersebut harus memiliki manajemen yang baik, memiliki dokumen penting dan legalitas usahanya.

Karena itu, kata Erin, APJI Bersama WWKI akan berkolaborasi dalam meningkatan manajemen usaha baik di katering industri maupun jasa boga. Saat ini karena kebijakan pemerintah maka usaha-usaha tersebut harus memiliki dokumen dan legalitas usaha.

Salah satu peserta pelatihan, Darlena mengaku pelatihan yang diikutinya sangat bermanfaat untuk keberlangsungan usaha. Karena lewat pelatihan banyak sekali ilmu baru soal katering. “Jadi wajib diikuti agar usaha kita terus berkembang.,” tandasnya.

50 Pengusaha Katering Industri Ikuti Pelatihan ISO 22000 dan HACCP
Peserta pelatihan serius mengikuti pelatihan ISO 22000 dan HACCP di Gedung MUI Kota Tangerang.(iws)

Andrian Kurniadi dari SMSI menambahkan bahwa bisnis di dunia katering industrI maupun jasa boga sangat ketat saat ini. Para pengusaha tersebut harus memiliki kompetensi dan ilmunya supaya usaha tetap berkembang.

Ia mengingatkan peserta pelatihan jangan sekedar mendapat sertifikat tetapi bisa memiliki kompetensi serta ilmunya dapat diterapkan. Dirinya mengharapkan agar WWKI Banten dan APJI Kota Tangerang tetap solid dan berkolaborasi dalam memajukan bisnis ini.(setia)***

Berikan komentar untuk berita ini

Your email address will not be published.