Portal Berita Pencerah Bangsa

Hari Bumi Sedunia 2022, Jagakarsa Dicanangkan Jadi Kampung Kelor

Jakarta, Sepuluhnews.com – Sahabat Moringa Indonesia bekerjasama dengan Suku Dinas KPKP Kota Administrasi Jakarta Selatan menggelar penanaman Pohon Kelor di area GOR Gelanggang Remaja Jagakarsa pada Jumat 22 April 2022.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka  memperingati Hari Bumi sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 April.Pendiri Sahabat Moringa Indonesia Rahmat Syah mengatakan pihaknya selain melakukan penanaman Pohon Kelor sekaligus mencangkan Kampung Kelor di wilayah Jagakarsa.

“Tahap awal penanaman kita bagikan dua pohon bibit Kelor kepada setiap rumah tangga. Selanjutnya di ruang terbuka seperti RPTRA ditargetkan dalam dua bulan sudah 10 ribu Pohon Kelor tertanam,” katanya.

Kata Rahmat Syah, dengan dicanangkan Kampung Kelor di Keluraan Jagakarsa maka akan menjadi sarana ekowisata. Karena adanya sentral pembibitan, sentral budidaya, sentral pengolahan yang berbahan Kelor.

Ads post single

Rahmat Syah mengungkapkan, bahwa nilai ekonomi dari Pohon Kelor daunnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bisa diolah menjadi makanan dan minuman oleh masyarakat atau pelaku-pelaku UMKM. Kemudian bila daun Kelor melimpah bisa untuk diekspor.

Sementara proses pengolahan sangat mudah dalam 4 bulan bisa panen. Kemudian dikeringkan saja dengan dijemur dan digiling menjadi serbuk. Serbuk ini menjadi bahan dasar untuk pengolahan makanan dan minuman tersebut.

Lurah Jagakarsa Muhamad Hasan mengatakan di wilayahnya akan ditanam Pohon Kelor di tujuh lingkungan RW. Kelurahan akan memfasilitasi penanaman pohon tersebut demi pelestarian bumi. “Pohon Kelor ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan penghijauan,” katanya.

Camat Jagakarsa H. Alamsyah mengapresiasi untuk Sahabat Moringa Indonesia dan Kelurahan Jagakarsa yang melakukan penanaman Pohon Kelor di hari Bumi Sedunia yang bekerjasama dengan Suku Dinas KPKP Kota Administrasi Jakarta Selatan.”Kita ketahui daun Kelor ini sangat bermanfaat untuk kesehatan,” tandasnya.(parmanto)

 

Berikan komentar untuk berita ini

Your email address will not be published.