Portal Berita Pencerah Bangsa

Launching Rumah Cahaya Yatim di Parigi Disambut Positif Masyarakat

TANGERANG SELATAN, Sepuluhnews.com – Launching Rumah Cahaya Yatim (RCY) di Jalan Jombang Raya, Lingkungan RT 02/01 No.23, Kelurahan Parigi, Pondok Aren, Tangerang Selatan, disambut positif masyarakat setempat.

Masyarakat menilai kehadiran Rumah Cahaya Yatim itu akan bermanfaat. Seperti akan menjadi tempat tinggal anak-anak yatim dan terjamin kelanjutan pendidikannya.

Sekedar diketahui Rumah Cahaya Yatim didirikan oleh Cahaya Indonesia Foundation (CIF). CIF yang sudah beroperasional 8 tahunan ini ingin mengembangkan programnya lewat RCY.

Launching Rumah Cahaya Yatim di Parigi Disambut Positif Masyarakat
Penyerahan SKDY oleh Sekertaris Kelurahan Parigi Tantan Rustandi kepada Ketua Cahaya Indonesia Foundation Iman Nurhadiansyah.(iws)

 

Ads post single

Launching Rumah Cahaya Yatim pada Sabtu sore, 8 Juli 2023, itu dihadiri para anak yatim dengan penuh suka cita. Mereka mengisi kegiatan itu mengawalinya dengan mengaji dan dilanjutkan membaca shalawat.

Anak-anak juga bertambah senang setelah masing-masing mendapat santunan dari Cahaya Indonesia Foundation.

Hadir dalam launching RCY tokoh masyarakat setempat Ustad Muhamad Ismi, Sekertaris Kelurahan Parigi Tantan Rustandi, Babhinkamtibmas Parigi Bripka Muhammad Yamin, dan Kasi Ekonomi Pembangunan Parigi Amin Abdullah.

Launching Rumah Cahaya Yatim di Parigi Disambut Positif Masyarakat
Kepala Asrama Rumah Cahaya Yatim Fauzi menerima SK Tanda Daftar Yayasan Rumah Cahaya Yatim dari Kelurahan Parigi yang diberikan Ketua Cahaya Indonesia Foundation Iman Nurhadiansyah.(iws)

 

Di sela-sela launching yang mendadak turun hujan lebat tak menyurutkan kegiatan acara berhenti. Bahkan semakin bersemangat dan khidmat dengan diteruskannya pemotongan tumpeng serta ditutup doa.

Ustad Muhamad Ismi mengatakan dibukanya RCY ini sangat bagus dan momentnya tepat karena mendadak hujan lebat usai pembukaan. Menurutnya turun hujan ini menandakan apa yang didoakan atau diminta saat ini kepada Allah cepat dikabulkan.

“Apalagi ini tujuannya berjuang dengan harta dan sarananya dalam rangka menggapai ridho Allah,” tuturnya.

Ia mengatakan, bahwa Allah memberikan peluang-peluang kepada hambanya untuk mencari ridhonya. Karena itu kehadiran rumah ini agar mengutamakan keberkahan dalam membantu masyarakat.

Launching Rumah Cahaya Yatim di Parigi Disambut Positif Masyarakat
Ketua Dewan Pembina CIF Hendri Yanto mendapat nasi tumpeng dari Ketua CIF Iman Nurhadiansyah usai launching Rumah Cahaya Yatim di Parigi.(iws)

 

Kehadiran RCY di wilayah Parigi langsung diapresiasi aparat kelurahan setempat. Karena keberadaannya akan membantu program-program pemerintah dalam bidang pendidikan.

“Kami berikan apresiasi kehadirannya serta bersyukur ada rumah yatim di wilayah kami sehingga dapat membantu nanti dalam program-program pemerintah,” kata Tantan Rustandi, Sekertaris Kelurahan Parigi.

Dirinya mengimbau agar para pengurus dan relawan yang bernaung di bawah yayasan rumah ini bisa cepat beradaptasi dan bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah.

Kelurahan siap mensuport program-program RCY dalam rangka membantu masyarakat. Seperti melakukan pembinaan anak-anak yatim supaya memiliki keterampilan dan tidak putus sekolah. Diharapkan keberadaannya jadi rumah pelindung masyarakat.

Ketua CIF Iman Nurhadiansyah mengatakan kehadiran Rumah Cahaya Yatim ini untuk membantu para anak yatim. Mereka kebutuhannya dibantu dari mulai tempat tinggal, makan, dan sekolahnya.”Jadi anak-anak yatim bisa tinggal di sini,” terangnya.

Iman menceritakan lokasi RCY ini sebelumnya salah satu cabang dari CIF. Kegiatan yang rutin dilakukan anak-anak adalah bimbingan belajar umum, mengaji dan mereka mendapat santunan rutin.

Launching Rumah Cahaya Yatim di Parigi Disambut Positif Masyarakat
Pemberian santunan kepada para anak yatim saat launching Rumah Cahaya Yatim di Parigi.(iws)

 

Selanjutnya berdasarkan kesepakatan para pembina dan pengurus maka tempat ini difungsikan secara luas. Tidak hanya kegiatan rutin tapi juga bagaimana anak-anak bisa tinggal disini.”Tujuannya agar mereka tak terlantar atau putus sekolah namun fokus belajar bersama-sama,” ujarnya.

Dirinya mengucpakan terima kasih kepada pemerintah setempat, masyarakat dan pengurus serta para relawan sehingga RCY ini bisa terwujud. Iman pun mengharapkan doanya sehinga rumah ini tetap bermanfaat.

Kepala Asrama Rumah Cahaya Yatim (RCY) Fauzi mengatakan bahwa dirinya mendapat amanah baru dari yayasan dan juga para keluarga anak yatim.

Amanah ini merupakan tanggungjawab besar yang berat dan harus dilaksanakan.”Karena itu saya mohon doanya agar program-programnya berjalan lancar,” katanya.

Menurutnya RCY nanti akan banyak mengadakan kegiatan. Utamanya kegiatan dalam membina dan mendidik anak-anak yatim. Karena itu mereka harus berdisiplin dan mengikuti aturan yang diberlakukan.

Sementara itu, Ketua Pembina CIF Hendri Yanto mengaku bersyukur dengan kehadiraran Rumah Cahaya Yatim ini. Rumah ini merupakan pengembangan dari program yayasan. “Ini sebenarnya sudah lama kami cita-citakan,” tandasnya.

Launching Rumah Cahaya Yatim di Parigi Disambut Positif Masyarakat
Foto bersama pembina, pengurus, masyarakat dan aparat bersama para anak yatim.(iws)

 

Setelah terwujud, kata Hendri, keberadaannya agar bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Tujuannya semata-mata dalam rangka turut membangun kesejahteraan warga dan lingkungan.

Dirinya mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat, aparat setempat, para pengurus dan juga para relawan. Sehingga dalam membangun kesejahteraan sosial bisa dilakukan bersama-sama.[iwan setiawan]

Berikan komentar untuk berita ini

Your email address will not be published.