Portal Berita Pencerah Bangsa

Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Gerakan Bumi Putera Pasang Ratusan Bendera Merah Putih di Seluruh Nusantara

KOTA TANGERANG, Sepuluhnews.com – Ratusan bendera merah putih dipasang organisasi masyarakat (Ormas) Gerakan Bumi Putera (GBP) di seluruh Indonesia dalam rangka menyemarakan dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Pemasangan bendera tersebut dilakukan serempak oleh para pengurus dan kader Gerakan Bumi Putera di seluruh Indonesia. Mereka melakukan pemasangan bendera-bendera merah putih itu di setiap titik dengan penuh semangat.

Adapun bendera merah putih yang dipasang itu yang berukuran 3 meter X 2 meter. Dengan memakai tiang bendera yang kokoh yakni besi galvanis berukuran 3 inch dan panjang 8,5 meter.

Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Gerakan Bumi Putera Pasang Ratusan Bendera Merah Putih di Seluruh Nusantara
Bendera merah putih berkibar di Komplek Perumahan Garuda, Cipondoh, Kota Tangerang, yang dipasang Gerakan Bumi Putera.(iws)

 

Ads post single

Bahkan ada sebanyak 12 tiang besi galvanis dan 12 bendera besar ukuran 3 meter x 2 meter tersebut dipasang berkibar ditiup angin di pinggir laut di sepanjang pantai di Desa Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Berkibarnya bendera merah putih berukuran tersebut dibenarkan Ketua PAC GBP Teluknaga Ustad Wari dan diamini sekertaris PAC GBP Teluknaga Rijin.

Menurut mereka bendera tersebut berkibar melambai-lambai dengang gagah berani di pinggir pantai atau laut. “Hal itu membuat semangat bagi siapa saja yang sedang melihatnya,” terangnya.

PAC GBP Teluknaga sendiri membawahi para pengurus ranting yang ada di delapan (8) di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Rochmawati, warga Kota Tangerang, mengapresiasi adanya pemasangan bendera merah putih yang banyak oleh ormas Gerakan Bumi Putera dalam menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Menurutnya dengan semaraknya bendera-bendera merah putih itu mengingatkan setiap warga untuk cinta tanah air. “Tentunya kita tambah semangat dalam mengisi kemerdekaan ini,” ujarnya.

Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Gerakan Bumi Putera Pasang Ratusan Bendera Merah Putih di Seluruh Nusantara
Ketua Umum DPP Gerakan Bumi Putera DR. H. Haryono Edi Hermawan, SE., MM.(iws)

 

Diketahui HUT ke-78 Kemerdekaan RI akan jatuh pada Kamis 17 Agustus 2023. Organisasi Masyarakat (Ormas) Gerakan Bumi Putera menyambutnya dengan memeriahkan dan penyemarakan lewat pemasangan ratusan bendera merah putih.

Ketua Umum DPP Gerakan Bumi Putera DR. H. Haryono Edi Hermawan, SE., MM., mengatakan pemasangan bendera merah putih itu untuk mengenang jasa para pejuang dan jasa para pahlawan serta mensyukuri kemerdekaan Indonesia. “Karenanya kami serentak mengibarkannya di seluruh Indonesia,” katanya, saat ditemui di Kantor DPP GBP, Kamis 10 Agustus 2023.

 Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Gerakan Bumi Putera Pasang Ratusan Bendera Merah Putih di Seluruh Nusantara
Bendera merah putih berkibar di Desa Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang.(ist)

 

Kata H. Haryono, bahwa seluruh pengurus dan kader Gerakan Bumi Putera dari tingkat DPP, DPD, DPC, PAC, dan ranting kelurahan/desa turut menyemarakan dan memeriahkan dalam menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan melakukan pemasangan bendera merah putih.

Soal makna warna bendera merah putih, H. Haryono Edi Hermawan menerangkan bahwa warna merah itu darahku berarti berani. Melambangkan keberanian melawan penjajah. Untuk warna putih berarti suci yang melambangkan kesucian. Artinya niat suci para pahlawan terdahulu dan rakyat untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sementara bagi ormas GBP warna merah putih itu bermakna bahwa warna merah darah ku, warna putih darahku, (darah merah darah putih) asli sebagai putera bangsa Indonesia serta pemberani.

Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Gerakan Bumi Putera Pasang Ratusan Bendera Merah Putih di Seluruh Nusantara
Bendera merah putih berkibar di depan pintu gerbang perumahan Komplek Garuda, Cipondoh, yang dipasang Gerakan Bumi Putera.(iws)

 

Seragam kemeja dan jacket Gerakan Bumi Putera juga warna merah putih artinya bahwa Gerakan Bumi Putera ini didirikan bertujuan untuk wadah kegiatan berorganisasi kaum anak muda mudi, kaum milenial, generasi asli putera bangsa Indonesia selaku penerus bangsa.

Sebagai informasi ormas Gerakan Bumi Putera dengan Akta Notaris No.1 Tanggal 20 Mei 2018 dan SK Menkumham RI.NO.AHU-0009121.AH.01.07.Tahun 2018 didirikan oleh Ketua Dewan Pembina juga Ketua Umum DPP Gerakan Bumi Putera DR. H. Haryono Edi Hermawan, SE., MM.

Ormas Gerakan Bumi Putera kepengurusannya sudah terbentuk dari tingkat pusat yakni DPP, DPD, DPC, PAC, dan Ranting desa/kelurahan. Untuk pengurus, kader, anggota dan simpatisan berjumlah ratusan ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia.(setia)

Berikan komentar untuk berita ini

Your email address will not be published.