Portal Berita Pencerah Bangsa

Puluhan Peserta Ikuti Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna ke-11 yang Digelar Pemkot Tangsel

TANGERANG SELATAN, Sepuluhnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar lomba inovasi teknologi tepat guna ke-11 tingkat Kota tahun 2023.

Lomba ini secara resmi dibuka oleh Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, di Plaza Puspemkot Tangsel, pada Rabu 15 Maret 2023.

Benyamin menjelaskan lomba inovasi teknologi tepat guna ini jadi bagian reprsentasi mewujudkan visi Tangsel unggul. Dimana, inovasi ini akan membantu dan memudahkan masyarakat dalam menjawab permasalahan yang ada.

“Kami terus berupaya untuk mensejahterakan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan, pemecahan masalah dan penambahan hasil produksi dengan pemanfaatan teknologi tepat guna,” ujarnya.

Ads post single

Disebut tepat guna, kata Benyamin, jika memenuhi kriteria di antaranya, mampu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat, dapat menggunakan sumber-sumber yang tersedia di banyak tempat.

“Lalu dapat diterapkan sesuai dan cocok dengan sosial ekonomi yang berlaku di satu tempat, mudah dipelajari dan direplikasi,” terangnya.

Oleh karenanya, hal ini juga sebagai jawaban dalam revolusi industri yang semakin cepat. Sehingga kita semua dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif.

“Serta kita harus punya kemampuan untuk mengikuti perkembangan yang ada dan dapat meningkatkan daya saing produk usahanya melalui pemanfaatan teknologi ini,” ujarnya.

Lomba yang diikuti oleh 20 peserta dari kategori umum, dan 6 dari tingkat sekolah ini, diharapkan mampu menjadi promosi hasil karya masyarakat, mahasiswa dan pelajar di Tangerang Selatan.

“Lomba ini berjenjang dari mulai tingkat kota, provinsi dan terakhir di tingkat nasional,” ungkapnya.

Atas hal itulah, Benyamin berharap pemenang dari kejuaraan ini mampu kembali berjaya di tingkat provinsi dan nasional. Seperti yang sudah dilakukan di tahun 2022 lalu.

Sementara itu, Amario peserta dari SMAN 2 Tangerang Selatan mengatakan dan menyambut baik ajang inovasi teknologi ini. Baginya, ini kesempatan yang besar untuk memperlihatkan karyanya kepada masyarakat.

“Ini sangat baik, saya bisa menampilkan inovasi dari kami ke masyarakat yakni masker dari serat tumbuhan flax fiber,” ucapnya.

Ia juga berharap kepada Pemkot Tangsel bisa rutin menyelenggarakan lomba inovasi teknologi tepat guna ini setiap tahunnya.(rls)

Berikan komentar untuk berita ini

Your email address will not be published.