Portal Berita Pencerah Bangsa

Ratusan Nasabah Mekaar di Tangerang Utara Ikuti Pelatihan Online “Pegenalan Izin Usaha”

Ratusan Nasabah Mekaar di Tangerang Utara mengikuti program pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha dengan tema “Pengenalan Izin Usaha” yang diadakan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) secara daring, Jumat (6/8/2021).

TANGERANG-Kegiatan diikuti antusias peserta yang digelar dari pukul 14.00 hingga selesai. Mereka yang mengikuti berasal dari para nasabah Mekaar Area Tangerang 5 ( Mauk, Mauk 2, Pakuhaj, Pakuhaji 2, Pakuhaji 3, dan Sukadiri). Kemudian nasabah Area Tangerang 6 (Pasar Kemis, Jatiuwung, Sepatan, Sepatan Timur, dan Sepatan Timur 2).

Hadir pada TUNM (Temu Usaha Nasabah Mekaar) kali ini para pemateri yakni Kepala Regional Mekaar Tangerang Ratih Kania Dewi, Regional Pengawas Mekaar Tangerang Anita Widiawati, Manager Pengembangan Kapasitas Usaha Muslim Mubaroq dan Ronald Rama Lesmana.

Pemateri menyampaikan pentingnya semua usaha harus memiliki izin. Dengan memiliki izin maka akan terlindungi dari berbagai macam tindakan hukum dan nantinya akan memperoleh kemudahan ketika menjalankan usaha. Misalnya saat proses pengiriman barang, memasarkan produk, maupun mendapatkan berbagai macam bahan produk lainnya. Di samping itu akan memperoleh kemudahan ketika ada program bantuan pemerintah maupun dalam hal pembinaan.

Dijelaskan juga soal perizinan dasar umum. Misalnya soal izin Nomor Induk Berusaha (NIB). Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP). Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Ads post single

Dalam kesempatan itu juga para nasabah diajarkan cara mengurus izin usaha secara online. Karena saat ini di zaman serba modern segala sesuatu dibuat mudah dan efektif. Dan hampir semua pelayanan dilakukan secara online. Termasuk dalam mengurus berbagai izin usaha.

Adanya pelatihan itu disambut antusias para nasabah. Terbukti dari mereka saat sesi tanya jawab banyak yang bertanya ke pemateri bagaimana cara mengurus izin usaha online dan tahapannya. Pemateri menjelaskan bahwa mengurus izin usaha online itu bisa dilakukan dengan sendiri atau meminta bantuan petugas.

Kepala Regional Mekaar Tangerang Ratih Kania Dewi mengucapkan terimakasih kepada para nasabah Mekaar yang ikut dalam pelatihan Pengenalan Izin Usaha. Kemudian kepada para pemberi materi yang bersedia menyampaikan ilmunya. “Semoga ekonomi kita khususnya nasabah Mekaar terus bangkit di tengah pandemi ini,” katanya.

Ia menegaskan, izin usaha itu sangat penting. Karena akan mempermudah dalam kegiatan usaha. Bagi UMKM izin-izin usaha harus dimiliki. Itu karena akan mempercepat usahanya berkembang.

Sedangkan, Kepala Regional Pengawas Mekaar Tangerang Anita Widiawati mengungkapkan dengan memiliki izin usaha maka usahanya bakal terlindungi dari berbagai macam tindakan hukum. Memperoleh kemudahan ketika menjalankan usaha. “Misalnya kemudahan itu dalam proses pengiriman barang, memasarkan produk, maupun mendapatkan berbagai macam bahan produk lain,” katanya.

Manager Pengembangan Kapasitas Usaha Muslim Mubaroq mengharapkan agar para nasabah Mekaar langsung mempraktikan ilmu-ilmu yang sudah disampaikan para pemberi materi. Lengkapi izin-izin usaha yang belum ada.”Sehingga usaha para nasabah Mekaar tetap berkembang di tengah situasi pandemi ini,” ujarnya.(stn)

Berikan komentar untuk berita ini

Your email address will not be published.