Portal Berita Pencerah Bangsa

Ratusan Nasabah Mekaar Ikuti Pelatihan Online “Pencatatan Hasil Usaha Dengan Mudah”

TANGERANG – Ratusan Nasabah Mekaar mengikuti program Pengembangan Kapasitas Usaha dengan tema Pencatatan Hasil Usaha Dengan Mudah yang diadakan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) secara daring.

 

Kegiatan diikuti antusias peserta yang mayoritas kaum ibu, pada Jumat (16/7) siang hingga sore. Mereka yang mengikuti itu berasal dari para nasabah Mekaar Cabang Gunung Sindur, Cabang Bojongsari, Cabang Parung Bogor, Cabang Cisauk Tangerang, Cabang Parung 2 Bogor, dan Cabang Bojongsari 2 atau para nasabah yang berasal dari Area Bogor 13.

 

Hadir dalam kegiatan yang juga bernama TUNM (Temu Usaha Nasabah Mekaar) itu Pemimpin Cabang PNM Tangerang, Andrea, Kepala Regional Manager Mekaar Tangerang, Ratih Kania Dewi, PIC PKU Cabang Tangerang Muslim Mubarok, dan Ronald.

 

Kemudian Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha Korwil Jabodetabeken Andi Irnawati dan Yunita Christanti selaku pemberi materi
Pencatatan Hasil Usaha dengan Mudah, yang juga Dosen Binus sekaligus Pemerhati dan Pembina UMKM. Sementara selaku pembawa acara Kepala Area Tangerang 4 Regional Tangerang Iparyanti.

 

Ads post single

Dalam pemaparannya Yunita Christanti mengatakan, agar para pelaku usaha kecil jangan mengabaikan pembukuan. Banyak pelaku usaha yang fokus ke cara pemasaran dan produk.”Padahal dengan melakukan pencatatan usaha akan rapih,” katanya.

 

Menurutnya, kenapa harus dilakukan pencatatan karena suatu usaha akan besar. Lewat pencatatan tadi bakal diketahui berapa pendapatan, pengeluaran, untung, rugi, laba, utang dan juga piutang.

 

Menurutnya, dengan membuat laporan keuangan akan diketahui gambaran kondisi usaha terkini. Mengetahui informasi keuangan usaha, bisa menjadi salah satu syarat mengajukan pinjaman, dan sebagai landasan untuk mengambil keputusan atau kebijakan dalam berusaha.

 

Dalam kesempatan itu Yunita memperkenalkan dan menjelaskan istilah-istilah keuangan. Misalnya istilah Pendapatan, Pengeluaran, Untung dan Rugi, buku Kas, dan pencatatan Stock Barang. Yunita juga langsung mencontohkan cara membuat keuangan yang sederhana.

 

Andi Irnawati dalam sambutannya terus memotivasi para nasabah Mekaar. Menurutnya, kendati pandemi namun PNM terus melakukan pembinaan kepada nasabah dengan cara online.

 

img 20210716 wa0038
Ilustrasi keuangan.(ist)

 

Ia menegaskan, sebagai pengusaha agar terus berusaha untuk mengembangkan usaha, walaupun di tengah pandemi. Jangan pernah menyerah dan putus asa, berpikir kreatif. “Usaha kita tetap harus jalan. Bersama-sama dengan PNM kita maju dan berkembang bersama. Kami yakin bapak/ibu yg hebat dapat melalui kondisi sulit ini. Insya Allah dengan usaha yang giat, kreatif dan berdoa kepad Tuhan YME, kita bisa bangkit,” ujar
Koordinator Wilayah Jabodetabek dan Banten ini.

 

Sementara Muslim Mubarok dari PIC PKU Tangerang mengharapkan agar para nasabah Mekaar bisa langsung mempraktikan ilmu-ilmu pencatatan keuangan yang diberikan Yunita Cristanti. Sehingga usaha para nasabah tetap berkembang dan maju di tengah situasi pandemi ini.”Ayo kita tetap semangat dan tawakal,” tuturnya.(stn)

 

Berikan komentar untuk berita ini

Your email address will not be published.